Rabu, 10 April 2013

Mengenal Si Segar Mineola


Sumber foto : www.echonyc.com

Jujur aku tidak pernah tertarik untuk mencicipi si mineola ini.Sudah terbayang harus berjibaku  ketika mengupasnya,belum lagi mungkin rasanya tidak semanis jeruk kecil/mandarijn .Mungkin selama aku tinggal di luar negeri,rasanya hanya beberapa kali saja  melahap jenis jeruk ini.
Sampai ketika aku ditawari oleh seorang nenek yang adalah salah satu pasien ditempat kerjaku dan meyakinkan bahwa mineola rasanya enak dan nggak kalah menyegarkan dari "Persinassappel" atau jeruk yang biasanya diperes karena kulitnya yang tebal dan sulit dikupas.Makanya Persinasappel lebih cocok dikonsumsi dalam bentuk jus jeruk.Selain itu persinasappel lebih "sappig"atau banyak mengandung air buah.
Nah balik lagi ke si Mineola yang kusebut  si buah  seksi.. he he iya karena memang bentuknya sedikit berbeda dengan jenis jeruk lainnya. Yuk kita oprek....apasih mineola itu..

APA SIH MINEOLA??
Mineola adalah buah dari jenis jeruk yang merupakan perpaduan (lebih tepatnya "perkawinan") antara mandarijn dan persinassappel.Mineola rasanya "ternyata"tidak kalah enak dari Persinasappel ataupun mandarijn.Tapi sayangnya mineola kalah terkenal dari sekian banyak dunia "perjerukan".
Kulitnya agak tebal,tapi tetap mudah ketika dikupas.
Mineola mudah dikenali karena dia punya "uitstulping"atau tonjolan dibagian ujung atas buah ,tepat ditempat keluarnya batang kecil yang menghubungkannya dengan pohonnya.
Warna buah dan buah bagian dalamnya oranje seperti penampakan buah jenis jeruk.
Ketika mineola dikupas akan terlihat jelas sekali perpaduan mandarin dan persinassappelnya dari mudah ketika dkupas (mandarijn) dan bentuk bagian dalam buah(persinasappel).
Si jeruk seksi ini bisa didapatkan disupermarket dan kios buah sepanjang tahun. Sedangkan asalnya kebanyakan dari Peru(jenis Carmel) dan Israel(Jenis Jaffa).
Daya tarik mineola juga karena buah ini didalamnya hanya ada sedikit biji ,bahkan  tanpa biji satupun.Nah lebih mudah  kan makannya...

SEHAT NGGAK SIH MINEOLA?
Seperti yang terkandung didalam buah-buahan,mineola kaya akan vitamin C. Dengan mengkonsumsi  satu buahnya saja ,maka kebutuhan vitamin C kita tercukupi selama satu hari.
Selain itu kandungan gizi lainnya berkisar 70 kalori,13 gram karbohidrat dimana 2 gram merupakan serat dan sisanya gula alami buah.
Tidak hanya itu saja,Mineola juga mengandung vitamin A dan Kalsium.Sehingga mengkonsumsi mineola sangatlah dianjurkan untuk kesehatan tubuh kita.

PENYIMPANAN MINEOLA
Mineola bisa disimpan disuhu kamar seperti buah-buahan lainnya. Ketika musim panas,simpanlah si seksi ini didalam kulkas(bukan vriezer).Namun untuk menjaga agar buah ini tahan lama,letakkan pada suhu 12 derajat.
Memilih mineola yg berkualitas ,akan terlihat dari kulitnya yg tebal.Penyimpanan dikulkas ,akan menyebabkan buah lebih cepat busuk daripada disimpan disuhu ruangan.
Oleh karena itu jangan terlalu  lama menyimpannya dikulkas....okey..daripada nggak kemakan.

PENGGUNAAN MINEOLA
Buah ini sangat cocok sebagai "snack"sehat,dibuat jus buah atau smoothi juga sangat mnyegarkan sebagai pelengkap marinadesaus.Tidak kalah menariknya ,  juga sebagai pelengkap salad dan juga hiasan taart/cake.

So tunggu apalagi,lengkapi keranjang buah anda dengan  si seksi Mineola...

Utrecht ,10 april 2013
23.30 CET

By Ummusalsabila

Artikel ini disadur dari :

http://www.groentenenfruit.nl/veggipedia/product/mineola.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar