Minggu, 11 Februari 2018

Soto Ayam



"Soto Ayam "

Bahan I :
-Telur 4 butir(sesuai kebutuhan),rebus ,tiriskan
-Perkedel kentang yg sdh jadi
-Sambal
-Nasi
-Emping goreng/kerupuk
-Bawang goreng +bawang putih goreng
-Soun yg sdh diseduh,tiriskan
-Tauge,kol iris,seduh,tiriskan
-Daun bawang,selderi iris tipis
-Jeruk nipis
-Tomat,iris kasar

Bahan II :
-Ayam bagian dada 2 potong
-Air 2 ltr utk merebus ayam
-Minyak goreng utk menumis

Bumbu dihaluskan :
-Bawang merah  3 siung
-Bawang putih 5 siung
-Kemiri sangrai 3 butir
-Merica secukupnya
-Kunyit secukupnya

Bumbu tdk dihaluskan :
–Jahe,lengkuas,sereh geprek
-Daun salam,daun jeruk nipis
-Garam
-Gula(kalau suka)
-penyedap kaldu ayam


Cara memasak :

-Rebus ayam sampai matang
-Tumis bumbu halus sampai harum
-Masukkan bumbu tumis kedlm air kaldu rebusan ayam
-Tambahkan  semua bumbu tdk halus ,aduk perlahan,masak  sampai matang
-Angkat ayam yg sdh matang,tiriskan,suwir suwir sesuai selera
-Tata Bahan I  dan ayam suwir didalam mangkok sesuai selera,tambahkan kuah .
-Sajikan dengan nasi panas &sambal.

Jumat, 24 April 2015

Donat Kentang


Ceritanya seneng banget bisa bikin donat kentang pertama kali ...eh alhamdulillah berhasil  ^_^
Dulu ngebayangin bikinnya ribet banget dari ngupas kentangnya,ngukusnya trus  mendiamkannya dst....
Resep aslinya dari  salah satu blog (lihat dibawah),tapi sedikit dimodifikasi sesuai selera..
Penasaran ? Yuk langsung aja kita praktekkan....

Jumat, 17 April 2015

Hartige Taart






Salah satu hikmah silaturahmi katanya adalah selain memperpanjang umur juga menambah rezeki,dan itu terbukti ketika saya bertamu ke rumah salah satu tetangga dekat rumah.Alhamdulillah dapat rezeki ilmu memasak lagi...
Langsung saja namanya "Hartige Taart" atau Taart Gurih...Nah ini dia pertama kali mencicipi langsung deh jatuh cinta..akhirnya langsung saja dieksekusi di dapur tercintah ^_^.

Jumat, 06 Februari 2015

Cireng


Suhu di Utrecht semakin menggigit saja beberapa hari ini hingga berkisar antara -2 sampai 5 derajat saja.Tentu saja paling nyaman jika kita diam di rumah,selimutan ,minum teh ditemani cemilan tradisional ala Indonesia tercintah ^-^...

Rabu, 03 Desember 2014

Gulai Kepala Ikan Salmon



Semoga pagi hari anda dalam keadaan sehat dan beriman kepada Allah swt walaupun suasana diluar sana begitu sendu. hu hu .Di awal desember tahun ini suhu diluar rumah didaratan eropa  sudah beranjak menurun sampai ketitik 0 derajat.Terbayang dinginnya melebihi suhu dikulkas^_^.
Biasanya makanan yang segar seperti gulai ikan salmon akan membuat suasana sendu dan redup menjadi lebih hidup.. he he. Nggak tahu ya nyambung nggak sih??

Sabtu, 29 November 2014

Telur Asin




Setelah beberapa kali coba,akhirnya berhasil juga bikin telur asin sendiri .Lumayan mengobati rasa kangen makan telur asin dikampung.

Selasa, 11 November 2014

Es Campur buah Segar





Walaupun cuaca dingin-dingin gini ,nggak ada salahnya es buah ini kita jadikan minuman pelengkap .Apalagi yang habis puasa,mmmhmmm es buah tetap nikmat dibulan oktober yang biasanya udah mulai dingin dipenghujung musim gugur di Belanda menjelang winter.